Label

Rabu, 20 Januari 2010



Mekanisme minyak bumi

Mekansime minyak bumi

Mekansime minyak bumi
minyak bumi dan gas alam merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Walaupun demikian minyak bumi memegang peranan yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan manusia. Lantas bagaimana kita memperolehnya yang kita tahu sendiri minyak bumi bersarang d idasar tanah yang memiliki kedalaman berkilometer did dasar tanah. Pada waktu belajar fisika, kita pastinya tentu tahu tentang konduktivitas. Konsep ini yang akan kita gunakan untuk menentukan apakah ada kandungan minyak bumi dalam tanah. Berdasarkan strukturnya, minyak bumi terletak pada batuan sedimen yang terdiri dari batuan pasir yang mengeras dan memiliki pori-pori yang sangat rapat dan ditemukan pada kedalaman satu sampai enam mil.
Sistem kerja dari konduktivitas yang telah dipelajari ialah proses serah terima muatan sehingga menghasilkan suatu energi listrik. Kebanyakan batuan tidak dapat menghantarkan listrik. Tetapi, Yang perlu diingat bahwa batuan yang berpori-pori serta memiliki kandungan garam didalamnya dapat menghantarkan listrik dengan baik, misalnya padatan dari NACL sangat baik digunakan ssebagai konduktor karena memiliki koefisien restitusi limit n0l. Bagaimana sebenarnya mekanisme konduktivitas ; Dipermukaan tanah dialirkan arus listrik searah menuju elektroda A yang berada didasar tanah dan elektroda B dihubungkan pada voltmeter. Elektroda B yang terhubung digunakan untuk mengetahui potensial listrik. Potensial listrik berbanding lurus dengan arus dan berbanding terbalik dengan konduktivitas lapisan batuan. Ini yang akan membuat suatu bentuk kurva resistivitas yang berbanding terbalik dengan konduktivitas yang memiliki outputan sebagai lapisan yang mengandung agaram yang diteggarai memiliki kandungan minyak.
Saat ini metode untuk mengetahui keberadaan minyak dalam tanah telah jauh berkembang. Salah satunya adalah dengan menggunakan prinsip bahwa gelombang suara merambat dengan kecepatan yang berbeda saat melalui lapisan tertentu. Para ahli kemudian menggunakan sonar untuk mengetahui apa yang ada dalam lapisan tanah.
Metode lain adalah dengan prinsip bahwa radiasi bahan radioaktif lebih mudah menembus lapisan batuan yang mengandung bahan tertentu. Dengan memasukkan bahan radioaktif ke dalam sumur minyak dan mengukur radiasi yang dipancarkannya dapat diperkirakan apa yang terkandung dalam lapisan batuan itu.
Berbagai metode pengukuran ini biasanya dipakai secara bersama-sama dan hasilnya digunakan untuk memperkirakan apa yang terkandung dalam lapisan batuan di lokasi pengeboran.

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus